Rabu, Mei 06, 2009

Japanese Cheese Cakes

by Yasaboga
Bahan :
50 gr terigu serba guna
50 gr maizena
(campur & ayak)

60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese (biarkan pada suhu ruangan)
120 ml whip cream
4 kuning telur
1 putih telur
2 sdt lemon parut

5 putih telur
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon -> saya tambahin 2 sdm rhum Jamaica.

Topping :
2 sdm selai apricot
2 sdm air
Campur, panaskan dan dioleskan diatas kue.

Cara membuat :

1. siapkan Loyang bongkar pasang (bongpas), alasi kertas roti, olesi mentega, panaskan oven 150 derajat C
2. Campurkan mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah, tim dengan api kecil sambil diaduk sampai lembut. Angkat dari api.
3. masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan 4 kuning telur dan 1 butir putih telur. Aduk rata. Sisihkan.
4. Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit sedikit. Kocok hingga terbentuk kerucut kerucut (soft peak) ->jangan sampai hard peak.
tuang 1/3 adonan putih telur dalam adonan cream cheese, aduk rata (dengan spatula) -> disebut juga sistem 'pancing'. Masukkan adonan ini kedalam sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuangkan adonan ke loyang, Panggang dengan cara au bain marie(*) selama +/- 75 menit. Sampai matang dan berwarna keemasan. Keluarkan dari oven
5.Setelah benar benar dingin, keluarkan dari Loyang(**). Oleskan campuran selai keatas permukaan cake. -> Boleh dihias dengan buah segar biar nggak enegh Simpan dikulkas sebelum disajikan.

* panggang au bain marie : Memanggang dengan cara merendam Loyang dalam air. Sebelumnya, bungkus bagian sambungan Loyang bongkar pasang dengan aluminum foil supaya air tidak masuk kedalam adonan kue. Masukkan Loyang kue ke Loyang yang lebih besar. Isi Loyang yang lebih besar dengan air, tingginya tidak lebih dari 1/3 loyang kue.

** setelah dingin, sebelum dikeluarkan dari loyang, kalau masih ada kue yang menempel di dinding Loyang, sisipkan pisau yang telah direndam air panas dan dikeringkan secara memutar. Bersihkan pinggir Loyang. Buka ikatan Loyang bongpas, keluarkan cake. Pindahkan cake ke piring dengan menyisipkan spatula besar ke bawah kue. Jangan dibalik supaya tidak hancur.

Hasilnya bisa dilihat di sini :

Tidak ada komentar: